Pergaulan Di Lingkungan pekerjaan.
Pada dasarnya pergaulan dilingkungan
kerja memang berbeda dengan pergaulan diluar lingkungan kerja. Pergaulan
dilingkungan pada umumnya tidak bersifat non formal, karena anda tidak terikat
dengan peraturan-peraturan dan prosedur baku. Sedangkan dikantor atau
perusahaan, pergaulan lebih bersifat resmi. Apalagi dikantor ada tingkatan
jabatan, mulai level terendah sampai level pemimpin.
Sehingga mngkin ada peraturan tertulis mengenai cara bergaul dengan
masing-masing tingkatan.Tentu saja bergaul dengan Bos berbeda dengan bergaul
dengan rekan sejawat. Begitu pula bergaul dengan bawahan. Terlebih diperusahaan
yang sangat birokratis seperti dipemerintahan , tata cara pergaulan menjadi
sangat penting dibanding pergaulan dilingkungan lainnya, karena tata karma sangat
dijunjung tinggi.
Dimanapun anda berada, anda memang dituntut untuk pandai bergaul. Karena
kepiawaian anda bergaul juga merupakan salah satu hal yang mendukung kesuksesan
karir dan pekerjaan anda. Di lingkungan kerja ,anda tidak bisa bersikap sama
rata terhadap semua orang . Cara menjalin hubungan dengan setiap rekan di
kantor sangat bergantung dari etika diri anda saat didalam lingkungan
masyarakat.
Tempatkan diri anda sesuai dengan posisi atau jabatan anda saat itu. Tentu saja
kepada pimpinan anda harus memiliki sikap hormat dan respek. Tetapi bukan
berati anda tidak menghormati rekan selevel dengan anda. Karena pada intinya,
kunci dalam pergaulan adalah saling menghormati dan saling menghargai.
Sedangkan kepada level dibawah anda, anda juga tidak boleh minta dihormati.
Jika anda bisa menghargai dan menghormati orang lain, maka secara otomatis
orangpun akan menaruh hormat pada anda.
Mungkin saja anda bisa lebih santai dan bicara kepada rekan sekawat jika
dibandingkan dengan pimpinan. Tetapi terhadap bos atau orang-orang yang lebih
tinggi tingkatannya dari anda, maka anda harus lebih menjaga tata karma dan
aturan yang berlaku. Seperti bicara dan bertegur sapa, sedangkan kepada
bawahan, anda harus lebih menjaga wibawa tanpa kehilangan sikap santun anda.
Semakin mampu anda menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja,maka semakin mudah
pula anda memenuhi tuntutan pergaulan dimanapun. Anda akan lebih rileks dalam
menjalin hubungan dengan orang-orang dilingkungan kantor anda. Selain anda
tidak kesulitan bergaul ,andapun memiliki banyak teman. Sehingga anda tidak
merasa asing dilingkungan kerja anda sendiri . dan keuntungannya anda dapat
lebih bersemangat dalam bekerja.
Pada era sekarang ini,betapa sulitnya menentukan langkah yang harus diambil
seseorang untuk memulai sebuah karir.Mencari pekerjaan untuk saat ini tidaklah
semudah dan sesuai dengan kehendak kita.
Yang perlu diperhatikan dalam melangkah menuju sukses dunia kerja yaitu Membuka
diri dalam pergaulan yang seluas mungkin kita semakin besar kemungkinan mendapat
informasi kerja yang bermutu.Beberapa alternative sarana mendapatkan info
lowongan kerja :
• Rajinlah membaca Koran ,karena biasanya Koran Sabtu dan Minggu berisi banyak
iklan lowongan kerja.
• Ikuti mailing kampus karena disini anda bisa mendapat informasi lowongan
kerja dari almameter.
• Bergabunglah dengan Headhunter untuk mendapatkan informasi secara gratis .
• Gunakan saran media internet,kerena memungkinkan untuk mendapat informasi
lebih luas.
http://novitarivanno.wordpress.com/
0 komentar:
Posting Komentar