Pages

Selasa, 01 April 2014

Manfaat Beras Merah bagi kesehatan

Manfaat Beras Merah bagi kesehatan


 
Beras merah dengan nama latin oryza sativa ternyata menurut riset dan penelitian lebih banyak memberi manfaat bagi kesehatan tubuh dibandingkan dengan beras putih yang biasa dikonsumsi sehari - hari.

Beberapa manfaat beras merah bagi tubuh yang dikumpulkan dari beberapa riset dan penilitian para pakar :  
  1. Beras Merah mempunyai kandungan vitamin B1, B6, dan B12 yang tinggi. Vitamin B memberi manfaat bagi pembentukan energi  tubuh manusia. Pembentukan energi di sel ini dicukupi oleh vitamin B yang salah satunya  ada di beras merah. 
  2. Kandungan seratnya lebih tinggi dibandingkan beras putih yang biasa dikonsumsi. Seperti diketahui bersama manfaat dari serat tersebut untuk mengurangi penyerapan gula dalam karbohidrat, serta penyerapan lemak yang masuk bersama makanan sehingga akan lebih menyehatkan.
  3. Mengandung  Selenium  merupakan bagian dari  enzim glutation peroksidase, yang berfungsi sebagai katalisator dalam pemecahan peroksida menjadi ikatan yang tidak bersifat toksik. Peroksida mempunyai kemampuan untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lain.
  4. Mengandung Magnesium yang mengatur irama saraf dan otot dengan menyeimbangkan aksi kalsium , menurut beberapa studi bahkan mampu menurunkan   keakutan asma, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan frekuensi migrain, dan menurunkan risiko serangan jantung serta stroke.
  5. Selain mengandung karbohidrat, lemak, protein, serat, dan mineral, beras merah juga mengandung antosianin pada lapisan kulit beras merah ini berfungsi  sebagai antioksidan  yang mampu  mencegah penyakit hati (hepatitis),  kanker usus, stroke, diabetes, sangat esensial bagi fungsi otak dan mengurangi pengaruh penuaan  otak.
  6. Unsur gizi lain yang terdapat pada beras merah yaitu  fosfor yang banyak berfungsi bagi semua sel dalam tubuh, dan juga untuk otot tubuh.
http://jawarakampung.blogspot.com/2011/06/6-kedahsyatan-manfaat-beras-merah-bagi.htm
l

0 komentar:

Posting Komentar